Program

Minggu, 21 Februari 2010

Program Pembangunan Kesehatan Pada Dinkes Kutai Kartanegara

Adapun program-program pembangunan kesehatan yang akan diterapkan untuk mendukung terwujudnya visi dan misi Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara adalah sebagai berikut:


1. Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat

Program ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya hidup bersih dan sehat, meningkatkan peran serta dan kemandirian masyarakat baik bagi individu, keluarga dan masyarakat dalam bidang kesehatan. Sasaran program meliputi meningkatnya perwujudan kepedulian perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan bermasyarakat, terwujudnya komitmen semua unsur atau stakeholders kesehatan akan pentingnya promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, serta meningkatnya persentase rumah tangga berperilaku hidup bersih dan sehat.

2. Program Lingkungan Sehat

Tujuan program ini adalah mewujudkan mutu lingkungan hidup yang lebih sehat melalui pengembangan kesehatan kewilayahan untuk menggerakkan pembangunan kesehatan berwawasan kesehatan. Sasaran program ini adalah meningkatnya persentase keluarga penghuni rumah yang memenuhi syarat kesehatan, meningkatnya persentase keluarga pengguna air bersih, meningkatnya keluarga pengguna jamban yang memenuhi syarat kesehatan, meningkatnya persentase tempat-tempat umum yang memenuhi syarat kesehatan serta meningkatnya kesadaran dan tanggung jawab masyarakat untuk memelihara lingkungan sehat.


3. Program Upaya Kesehatan

Program ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pemerataan dan kualitas pelayanan kesehatan melalui puskesmas dan jaringannya, meliputi puskesmas pembantu, puskesmas keliling dan bidan di desa serta posyandu. Sasaran program ini adalah meningkatnya cakupan rawat jalan, meningkatnya cakupan persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan, meningkatnya cakupan pelayanan antenatal (K4), cakupan neonatus (KN2) dan cakupan kunjungan bayi terselenggaranya pelayanan kesehatan dasar bagi kelurga miskin secara gratis di Puskesmas.

4. Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit

Tujuan program ini adalah menurunkan angka kesakitan, kematian dan kecacatan akibat penyakit menular dan tidak menular. Sasaran programnya adalah persentase desa mencapai UCI hingga 100 %, meningkatnya temuan kasus penyakit TB dan meningkatnya keberhasilan pengobatan penderita TB, semua penderita DBD bisa ditangani, penderita malaria semua bisa diobati, terselenggaranya sistem surveilans dan kewaspadaan dini, serta penanggulangan kejadian luar biasa.

5. Program Perbaikan Gizi Masyarakat

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran gizi keluarga dalam upaya meningkatkan status gizi masyarakat terutama pada ibu hamil, bayi dan balita serta usia produktif. Sasaran program yakni mencegah meningkatnya prevalensi kegemukan dan KEP pada balita, anak sekolah dan orang dewasa, meningkatnya cakupan ibu hamil yang mendapatkan tablet Fe, menurunnya prevalensi anemia gizi besi pada ibu hamil dan ibu nifas, meningkatnya cakupan ASI eksklusif, serta meningkatnya cakupan balita mendapatkan Vitamin A.

6. Program Sumber Daya Kesehatan

Tujuan program adalah untuk meningkatkan jumlah, jenis, mutu dan penyebaran tenaga kesehatan termasuk SDM kesehatan lainnya, serta pemberdayaan profesi kesehatan, sesuai dengan kebutuhan pembangunan kesehatan. Sasaran program ini adalah tersedianya SDM kesehatan yang didistribusikan secara adil dan merata serta dimanfaatkan secara berhasil guna dan berdaya guna, meningkatnya pendayagunaan tenaga kesehatan yang ada dan pengembangan pembinaan karir seluruh tenaga kesehatan, tersedianya jaringan pemberi pelayanan kesehatan paripurna yang bermutu baik pemerintah maupun swasta, tersedianya peralatan kesehatan baik medis maupun non medis yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan, tersedianya sarana dan prasarana kesehatan serta sarana penunjang lainnya dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan.


7. Program Obat dan Perbekalan Kesehatan

Program ini bertujuan untuk menjamin ketersediaan, pemerataan, mutu, keterjangkauan obat dan perbekalan kesehatan termasuk obat tradisional, perbekalan kesehatan rumah tangga dan kosmetika. Sasaran program yakni ketersediaan obat esensial maupun generik di sarana pelayanan kesehatan serta meningkatnya anggaran untuk obat esensial di sektor publik.

8. Program Kebijakan dan Manajemen Pembangunan Kesehatan

Tujuan program ini adalah untuk mengembangkan kebijakan serta manajemen kesehatan sehingga berguna dalam mendukung penyelenggaraan pembangunan kesehatan di daerah. Sasaran program meliputi tersedianya pembiayaan kesehatan dengan jumlah yang mencukupi, teralokasi secara adil dan termanfaatkan secara berhasil guna dan berdaya guna, tersedianya berbagai kebijakan serta pedoman kesehatan sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan daerah, tersedianya informasi kesehatan yang akurat, tepat waktu dan lengkap sebagai bahan untuk proses pengambilan dan pengelolaan pembangunan kesehatan, serta untuk perencanaan, pelaksanaan, pemantauan serta evaluasi program kesehatan, tersusunnya perencanaan kesehatan yang mendukung desentralisasi dan pembangunan daerah, tercapainya target program, proyek dan kegiatan yang telah ditetapkan secara tepat waktu, berkualitas dan berkesinambungan.

0 komentar:

 
 
 


Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

DINKES KUKAR