Kabupaten Kutai Kartanegara

Minggu, 21 Februari 2010

Kabupaten Kutai Kartanegara mempunyai luas wilayah 27.263,10 km2 terletak pada garis bujur antara 115026’ Bujur Timur sampai dengan 117036’ Bujur Timur serta terletak pada garis lintang dari 1028’ Lintang Utara sampai dengan 1008’ Lintang Selatan. Secara administrasi Kabupaten Kutai Kartanegara dibagi menjadi 18 kecamatan dan 228 desa/kelurahan.
( http://bappeda.kutaikartanegarakab.go.id/bidang/200801_Geo.pdf )
Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan wilayah yang mempunyai batas-batas dengan:
• Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Malinau, Kabupaten Kutai Timur dan Kota Bontang.
• Sebelah Timur berbatasan dengan Selat Makassar dan Samarinda
• Sebelah Selatan berbatasan dengan Kota Balikpapan dan Kabupaten Panajam Paser Utara.
• Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat.
Secara topografi, wilayah Kutai Kartanegara terdiri atas wilayah pantai, sungai dan daratan. Beberapa wilayah di pantai dan pedalaman hingga saat ini masih ada yang harus ditempuh melalui jalur laut, sungai dan danau.
Iklim di wilayah Kutai Kartanegara sangat dipengaruhi oleh iklim tropika basah yang bercirikan hujan cukup tinggi dengan penyebaran merata sepanjang tahun, sehingga tidak terdapat pergantian musim yang jelas. Iklim di wilayah Kutai Kartanegara dipengaruhi oleh letak geografisnya yaitu iklim hutan tropika humida dengan suhu udara rata-rata 260C, dimana perbedaan antara suhu terendah dengan suhu tertinggi mencapai 50 – 70C. Jumlah hujan wilayah ini berkisar 2.000 – 4.000 mm/tahun dengan jumlah hari hujan rata-rata 130 – 150 hari/tahun.

0 komentar:

 
 
 


Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

DINKES KUKAR