KONSEP SEDERHANA UNTUK OPTIMALISASI PUSKESMAS :

Minggu, 16 November 2008

1. PEMBENAHAN ORANG / STAF SECARA PERSON PER PERSON DENGAN MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN KEMAUAN UNTUK BEKERJA BAIK CARA INDIVIDU MAUPUN TEAM

2. MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN BAIK ITU DALAM GEDUNG BEROBAT JALAN, RAWAT INAP, QE ,MAUPUN LUAR GEDUNG POSYANDU, PENYULUHAN,PENJARINGAN ,KESLING DLL

3. PEMBENAHAN SISTEM MANAJEMEN, KEUANGAN, PEMEGANG PROGRAM ,PENETAPAN PRIORITAS DAN YANG CUKUP PENTING MENGOPTIMALKAN SISTEM SIMPUS.KALAU BISA MENGGUNAKAN SERVER DAN SEMUA KOMPUTER BISA TERKONEKSI DARI RUANG KARTU – KLINIK – RUANG OBAT DAN PIMPINAN.

4. MENINGKAKAN LINTAS SEKTOR ,MEMBERDAYAKAN SEMUA KEMAMPUAN DAYA DAN SARANA YANG ADA DIPUSK.

PUSKESMAS AKAN LEBIH BERFUNGSI DENGAN BAIK APABILA SARANA DAN PRASAANANYA MENUNJANG KEMUDIAN DENGAN DAYA DUKUNG SDM YANG MEMADAI. DENGAN PEMBAGIAN KEGIATAN SECARA BERKEADILAN.,MEMBERDAYAKAN FUNGSI PUSK SECARA MAKSIMAL, SALAH SATUNYA TIDAK DIPERKENANKAN MELAYANI PASEN PRIBADI KALAU MASIH DALAM JAM DINAS 08.00 – 14.00.DENGAN CATATAN MEMFUNGSIKAN PEKERJAAN STAF DENGAN TUFOKSINYA MASING-MASING.

5. MEMAKSIMALKAN STOK OBAT PATEN DIPUSKESMAS, PELAYANAN MAKSIMAL/PENINGKATAN MUTU PELAYANAN

6. MEMAKSIMALKAN RETRIBUSI KUNJUNGAN, CONTOHNYA ADA BEBERAPA PERAWAT YANG MENGGUNAKAN OBAT PUSKESMAS UNTUK MENEKAN TINGGINYA HARGA OBAT PADA SAAT MEREKA MELAYANI PASEN DILUAR JAM KERJA, DISARANKAN UNTUK MEMBUAT BUKU REGISTER KUNJUNGAN DAN KEMUDIAN MENYETORKAN RETRIBUSI KEPADA PUSKESMAS.INI SERING TERJADI, DARI PADA TERJADI PENCURIAN OBAT MENDINGAN DIBUAT PERATURANNYA SAJA.DENGAN UPAYA INI DIHARAPKAN PELAPORAN KUNJUNGAN PUSKESMAS JUGA MENINGKAT .

7. MEMAKSIMALKAN KUNJUNGAN RAWAT INAP DENGAN UPAYA TIDAK MEMBERIKAN KELELUASAAN PASIEN UNTUK MINTA DIRAWAT DIRUMAH. KARENA SEBENARNYA PERALATAN DAN PRASARANA YANG ADA DIRAWAT INAP SUDAH LEBIH DARI CUKUP UNTUK MELAKUKAN KEGIATAN RAWAT INAP TINGKAT PERTAMA.KALAU PERLU BIKIN SURAT EDARAN KEPADA PIMPUSBAN DAN KEPALA DESA DAN CAMAT.

SEKALIAN UNTUK MEMAKSIMALKAN FUNGSI DAN PELAYANAN DOKTER YANG ADA DIKECAMATAN

8. MELAKUKAN KUNJUNGAN POSYANDU DENGAN WAKTU DAN HARI YANG MAKSIMAL, UPAYA UNTUK MENINGKATAN CAKUPAN IMUNISASI, SEKALIAN UNTUK MELAKUKAN KEGIATAN PENYULUHAN, LINTAS SEKTOR DENGAN KEPALA DESA.KARENA SELAMA INI PELAKSAAN POSYANDU HANYA DENGAN HARI YANG SEDIKIT SEMACAM DIKEJAR WAKTU WALAUPUN KEGIATAN ITU BISA BERJALAN, TAPI TIDAK MAKSIMAL.UPAYA INI DILAKUKAN DENGAN HARAPAN POSYANDU DAN UPAYA PENINGKATAN SRATA POSYANDU BISA BERJALAN DENGAN BAIK, USAHA MENGGERAKKAN PKK DESA YANG SELAMA INI BETUL – BETUL VAKUM.JADI KEGIATAN SELAMA INI JURIM DATANG, MASYARAKAT YANG PUNYA BAYI DIKUMPULKAN, KEMUDIAN PULANG SEHABIS VAKSIN,SEDANGKAN PPK DESA YANG SEHARUSNYA YANG PUNYA KERJAAN TIDAK MENAMPAKKAN BATANG HIDUNGNYA.KEMUDIAN UPAYA KEGIATAN PENYULUHAN DILAKUKAN DENGAN KEGIATAN PEMUTARAN FILM.WALAU PROGRAM INI MUNGKIN AKAN LAMA BARU BISA BERJALAN KARENA HARUS DITUNJANG DENGAN PERANGKAT LCD PROYEKTOR DAN ALAT PLAYERNYA.TETAPI PALING TIDAK DENGAN MENGGUNAKAN WAKTU MAKSIMAL BERADA DIDESA YANG JAUH DARI IBUKOTA KECAMATAN PIHAK PUSKESMAS AKAN SEMAKIN MENGAKRABKAN DIRI DENGAN MASYARATNYA.

9. PEMBENAHAN SISTEM KEGIATAN PROYEK YANG SELALU KACAU DAN AMBURADUL, ITU HARUS DIAKUI .HANYA KARENA SEMPITNYA WAKTU UNTUK PENG SPJ AN KEGIATAN MAKA BANYAK DATA DAN KEGIATAN YANG HARUS DIMANIPULASI, SAYA SANGAT TIDAK SETUJU SEBENARNYA DENGAN HAL TERSEBUT, BUKAN SAJA HATI NURANI MERASA BERSALAH TAPI SEBENARNYA KEPALA JUGA DIBUAT PUSING 13,5 KELILING.HAL INI HARUS DIADAKAN PERUBAHAN SECARA SIGNIFIKAN.PERLU ADANYA DANA TAKTIS UNTUK SETIAP KEGIATAN DITAHUN YANG AKAN DATANG, DIKERJAKAN SECARA PELAN DAN TERARAH DENGAN PENYUSUNAN POA SECARA TERENCANA DAN HASILNYA BISA MAKSIMAL.MUDAH – MUDAHAN BISA MENSUCIKAN HASIL YANG KITA DAPATKAN YANG KITA BAWA PULANG UNTUK MENAFKAHI KELUARGA ANAK DAN ISTRI KITA DIRUMAH.

0 komentar:

 
 
 


Copy kode di bawah ke blog sobat, saya akan linkback secepatnya

DINKES KUKAR